Nak copy boleh tolong bagi credit sikit

Kolesterol jahat penyebab rasa sakit, lenguh & kejang pada otot

TAHAP KOLESTEROL JAHAT YANG TINGGI MENYEBABKAN RASA SAKIT, LENGUH DAN KEJANG PADA OTOT

Masalah tahap “kolesterol jahat” yang tinggi memang mempunyai kaitan dengan masalah saluran darah yang tersumbat dan sehingga menyebabkan serangan sakit jantung. Namun pakar perubatan bersetuju bahawa masalah ini juga memberikan kesan buruk pada bahagian tubuh lain.

Dalam satu kajian yang dilakukan mengaitkan tahap kolesterol jahat yang tinggi berkait rapat dengan rasa sakit dan kecederaan pada otot-otot besar pada tubuh. Kajian ini dilakukan pada tahun 2015 oleh dua buah institusi, University of Canberra dan Monash University. Kajian ini diterbitkan dalam jurnal “Sport Medicine”.

Bahkan, risiko untuk mengalami kecederaan otot di bahu dan otot di kaki lebih mudah berlaku jika tahap kolesterol jahat mereka tinggi.

Para saintis memberikan pendapat bahawa tahap “kolesterol jahat” yang tinggi selalu akan mengundang berlakunya keradangan, yang kemudiannya berpotensi mengubah struktur otot dan akhirnya menyebabkan otot tidak berfungsi dengan baik dan mudah mengalai rasa sakit.

Rasa sakit ini mungkin menandakan penyumbatan saluran darah di otot kaki yang menyebabkan mudah rasa sakit dan kejang walaupun kita tidak melakukan akitiviti fizikal yang berat.

Jadi bila rasa sakit, kejang atau lenguh pada kaki walaupun berjalan dalam jarak yang dekat atau berdiri dalam jangka masa yang pendek, elok buat pemeriksaan tahap “kolesterol jahat” dalam tubuh.

Semoga bermanfaat.

sumber : Dr Zubaidi Hj Ahmad

#HealthDrZubaidi

11 Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi

Menurut American Heart Association, kadar kolesterol harian hanya boleh mencapai 300 mg. Kadar kolesterol dapat dijaga asal Anda sebisa mungkin menghindari makanan-makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Berikut ini daftar makanan yang mengandung kolesterol tinggi untuk Anda hindari.

1. Otak Sapi

Bagian organ tubuh hewan memang memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Otak sapi adalah salah satunya. Berdasarkan data dari US Department of Agriculture (USDA), tingkat kolesterol pada otak sapi mencapai 3,100 mg per 100 gram-nya. Jumlah ini tentu saja jauh melebihi batas wajar asupan kolesterol harian yang disarankan.

2. Kuning Telur

Di balik kandungan proteinnya yang bermanfaat untuk kesehatan, ternyata kuning telur merupakan salah satu makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Jumlah kolesterol dalam 6 buah kuning telur bisa mencapai 1085 mg.

Alangkah baiknya jika Anda tidak mengonsumsi telur secara berlebihan. Atau, lebih baik perbanyak konsumsi putih telurnya saja. Selain juga memiliki manfaat bagi tubuh, putih telur tidak mengandung kolesterol sama sekali seperti kuning telur.

3. Tiram

Meskipun mengandung zat bergizi seperti zinc yang manfaatnya sangat baik bagi tubuh, tiram tak lepas dari kandungan kolesterol. Bahkan, kandungan kolesterol pada makanan laut ini terbilang tinggi, yakni mencapai 206 mg.

4. Lemak Hewani

Lemak hewani seperti lemak sapi dan lemak kambing juga merupakan makanan yang mengandung kolesterol tinggi, dan sebaiknya Anda hindari untuk dikonsumsi. Kadar kolesterol di dalam keduanya mencapai 130 mg untuk setiap 100 gram-nya.

5. Kue Kering

Nah, buat Anda yang suka mengonsumsi kue-kue kering sebagai camilan, baiknya batasi konsumsinya karena kue kering termasuk makanan yang mengandung kolesterol tinggi, yakni mencapai 300 mg.

6. Daging Merah

Daging merah berasal dari sapi, kambing, hingga babi. Kandungan kolesterol pada daging merah tergolong tinggi, sekitar 70 mg per 100 gram-nya. Hal ini tentu saja tidak baik bagi tubuh, bahkan meningkatkan risiko penyakit jantung.

7. Lobster

Makanan laut yang satu ini juga termasuk makanan yang mengandung kolesterol dengan tingkatan yang cukup tinggi. Untuk setiap 100 gram lobster, kandungan kolesterolnya mencapai 200 mg. Jika Anda suka lobster, baiknya mulai sedikit mengurangi konsumsinya. Atau, Anda bisa menggantinya dengan jenis makanan laut lainnya seperti ikan yang memiliki kadar kolesterol lebih sedikit.

8. Ayam Goreng

Merujuk American Heart Association, daging ayam memang lebih disarankan untuk dikonsumsi ketimbang daging sapi dan daging merah lainnya. Namun, beda urusannya jika daging ayam dimasak dengan cara digoreng.

Pasca digoreng, kadar air pada daging ayam akan hilang dan diganti dengan lemak. Selain itu, minyak yang digunakan untuk membuat ayam goreng juga mengandung lemak trans yang banyak. Hal ini menjadikan ayam goreng menjadi makanan yang berkolesterol tinggi

9. Es Krim

Es krim memiliki kadar kolesterol sebesar 47 mg per 100 gram. Untuk satu sendok es krim saja, jumlah kolesterolnya bahkan melebihi jumlah kolesterol yang ada pada donat dan hamburger. Saran, lebih baik Anda mengganti es krim dengan jenis makanan dingin lainnya yang jauh lebih sehat seperti frozen yoghurt atau jus buah.

10. French Fries

French Fries atau kentang goreng menurut penelitian yang dirilis oleh Harvard School of Public Health memiliki kandungan kolesterol yang tinggi akibat minyak nabati yang mengalami hidrogenisasi. Sebagaimana diketahui, makanan yang ter-hidrogenisasi cenderung memiliki kadar lemak trans yang tinggi.

11. Hamburger

Dengan komposisi roti, daging, keju, hingga mayonaise, hamburger yang merupakan makanan cepat saji ini memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi sehingga berpotensi menyebabkan kadar kolesterol naik.

Alih-alih mengonsumsi hamburger, lebih baik menggantinya dengan jenis makanan cepat saji lainnya yang lebih sehat seperti sandwich atau salad.

 

Please follow and like us:
error0

Reply